Manfaat Music

Saya yakin kamu semua cinta musik. Ini memang salah satu karya seni yang dapat diterima secara luas di masyarakat. Tahukah kamu bahwa musik memiliki manfaat bagi kehidupan pribadi kamu. Mungkin kamu saat ini hanya sekedar mendengarkan musik untuk bersenang-senang, akan tetapi bila kamu telaah lebih jauh mengenai manfaat musik ini, saya yakin kamu akan semakin mencintai aktivitas mendengarkan musik.

Musik adalah bagian terpenting dari kesehatan fisik dan emosional bahkan sejak bayi di dalam rahim ibu, mendengarkan detak jantung dan irama pernapasan. Mendengarkan musik favorit akan membuat suasana hati anda semakin membaik selain itu penelitian yang lebih lanjut menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan kesehatan. Bahkan musik dapat meringankan penyakit yang diderita oleh pasien, selanjutnya ditemukan adanya hubungan kesehatan dengan mendengarkan musik.
Berikut adalah manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan :

1.  Membantu meringankan nyeri punggung
Pada umumnya musik bekerja pada sistem saraf otonom yang berperan dalam mengontrol tekanan darah, fungsi otak dan mengontrol detak jantung. Ketika sistem saraf mendengarkan ritme yang lambat diputar maka tekanan darah dan detak jantung akan mempengaruhi ketegangan yang berada diarea otot leher, perut, bahu dan punggung. Selain ketegangan fisik, musik juga mampu mengurangi ketegangan psikologis dalam pikiran anda. Mendengarkan musik dengan teratur akan membantu anda dalam membuat rileks fisik dan mental sekaligus dapat membantu meringankan nyeri punggung.Penelitian yang dilansir dari situs dailymail.co.uk, dalam studi tersebut 65 pasien berusia antara 21 dan 68 dengan nyeri punggung kronis setelah operasi kembali dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima perawatan medis standar dan fisioterapi. Sedangkan kelompok lain  mendengarkan musik dan menerima kelas visualisasi selama 25 menit setiap hari selama tiga minggu. Hasil menemukan bahwa kelompok yang mendengarkan musik dapat menurunkan resiko nyeri punggung yang lebih berat dari pada pasien yang tidak mendengarkan. Mendengarkan musik selama 25 menit setiap hari dapat membantu anda mencegah nyeri punggung dan juga membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Para ahli mempercayai jenis musik Mozart atau Beethoven dapat membantu meringankan nyeri otot.

2.  Membantu bersemangat olahraga untuk kesehatan
Mendengarkan musik akan membantu olahraga yang lebih baik untuk kesehatan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan untuk anda yang berolahraga sambil mendengarkan musik akan mengurangi rasa bosan dan juga lelah ketimbang dengan mereka yang tidak mendengarkan musik. Mendengarkan musik ketika berolahraga akan membantu anda untuk bersemangat karena berhubungan dengan hormon yang mengubah suasana hati anda semakin membaik. Jenis musik yang tepat digunakan untuk berolahraga adalah musik berenergi yang memiliki tempo yang cepat seperti hip hop, dangdut dan musik dansa.

3.  Kesehatan memori
Bagi pasien yang mengalami hilang ingatan, musik bisa menjadi terapi untuk membantu pasien dalam mengembalikan ingatan pasien. Lagu yang berhubungan langsung dengan kisah yang pernah terjadi di masa lalu, hal ini dikarenakan bagian otak akan memproses musik sebelah memori sehingga membantu pasien dalam mengingat kejadian yang pernah terjadi. Bagi pasien yang mendengarkan musik dapat mengurangi gejala kecemasan dan orientasi ingatannya dibanding dengan pasien yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Bagi pasien yang memiliki kehilangan memori dikarenakan beberapa faktor terutama amnesia sebaiknya mendengarkan lagu pilihan pasien untuk mempercepat pemulihan.

4.  Mempercepat pemulihan kesehatan bayi lahir prematur
Bayi yang mendengarkan musik dan lahir prematur lebih cepat pulih dari rumah sakit ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik. Musik dapat menenangkan detak jantung dan juga dapat memberikan tidur yang nyaman bagi bayi. Musik juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada bayi. Pilihan musik yang tepat adalah musik yang memberikan ketenangan bagi bayi anda .

5. Menghilangkan Rasa Sakit 
Musik punya kemampuan untuk mengurangi rasa sakit dengan cara melepaskan endorphin yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit secara alamiah. Itulah mengapa di konser-konser yang padat penonton, jarang yang merasakan sakit terinjak, terpepet – semuanya tetap asyik berteriak-teriak menyambut idolanya – karena endorphin tengah memuncak. 

Menurut Jurnal Medis, mendengarkan musik setiap hari akan mengurangi rasa sakit kronis hingga 21 persen. Penelitian juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik secara teratur menjadikan seseorang dapat mengendalikan rasa sakit mereka, mengurangi depresi dan menjadikan mereka tidak mempedulikan kondisi fisik yang terbatas, misalnya tengah lemas atau mengantuk. 

6. Mengurangi Stress 
Stress diasosiasikan dengan banyak penyakit, termasuk juga beberapa penyakit mental yang timbul pada orang-orang yang mengalami stress tinggi. Dalam penelitian yang dilaksanakan, subyek diminta mendengarkan musik yang menenangkan selama setengah jam dua kali sehari. Subyek ini menunjukkan berkurangnya tingkat stress dan kecemasan. 

7. Manfaat untuk Jantung (Kardiovaskular) 
Mendengarkan musik yang sesuai juga bisa membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah. sebagai hasil dari turunnya tekanan darah, resiko stroke dan permasalahan kesehatan lain juga akan berkurang. 

Dalam penelitian di Italia, peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik , Celtic, atau musik tradisional selama 30 menit sehari satu bulan akan mengalami pengurangan tekanan darah yang signifikan. Musik yang baik akan membantu menenangkan sel dan jaringan yang menjadikan paru-paru akan menarik nafas lebih baik dan denyut jantung normal.

8. Menstimulasi Sel Otak
Penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat bisa menstimulasi gelombang otak untuk beresonansi dengan irama tersebut, beat yang semakin cepat menjadikan konsentrasi lebih tajam dan pikiran lebih waspada. Di sisi lain, mendengarkan musik klasik yang menenangkan akan menjadikan kamu tenang dan terbawa ke fase meditatif. Musik klasik juga menimbulkan rasa nyaman dan meningkatkan kreativitas.

9. Meningkatkan Performa dalam Olah Raga
Mendengarkan musik ketika berolah raga akan berdampak pada performa dan komitmen olah raga kamu. Musik akan mengalihkan perhatian kamu dari gerakan olah raga yang berulang dan mengabaikan rasa lelah dan kebosanan. Musik juga bisa menjadi stimulan yang meningkatkan performa kamu. Menurut penelitian tahun 2005, mendengarkan musik ketika berolahraga akan menunjang berkurangnya berat dan membantu orang yang berolah raga untuk tetap konsisten.

10. Tidur lebih Nyenyak
Mendengarkan musik akan memicu kita untuk tidur lelap. Tidur akan menjadikan tubuh kamu sehat dan menjauhkan dari efek stress, depresi, dan kecemasan.

11. Meningkatkan Optimisme
Depresi akan membawa pada kelemahan, sakit kepala, kebingungan, dan hilangnya konsentrasi. Musik bisa digunakan untuk mempertahankan keadaan positif pikiran, membantu untuk menajuhkan diri dari depresi. Musik juga akan meningkatkan penghargaan diri dan percaya diri.

Bila kamu sedang bekerja, musik juga bisa menunjang pekerjaan kamu dengan mendorong mood kamu agar bisa bekerja dalam keadaan tubuh dan jiwa yang optimal.

12. Membantu penyembuhan Kanker
Penelitian menunjukkan bahwa musik membawa manfaat bagi seseorang untuk mengatasi kanker. Musik akan mengurangi kecemasan ketika pasien menerima terapi radiasi, juga menghilangkan rasa mual dan muntah karena kemoterapi dosis tinggi.

13. Musik adalah cara yang asyik untuk menghabiskan waktu ketika berkumpul bersama. Ngeband, karaoke, atau sekedar hanging out membicarakan musik merupakan aktivitas yang menyenangkan. Bila kamu tertarik untuk mendapatkan teman dari aktivitas musik, kamu bisa bergabung dengan last.fm, situs penggemar musik terbesar di dunia.

14. Ada hubungan unik antara musik dan spiritualitas. Jenis musik tertentu membantu seseorang untuk berdoa dan membantu menjadikan mereka dekat dengan Sang Pencipta.

.
.
.

Demikianlah manfaat mendengarkan musik. Setelah membaca artikel tersebut, tentu saja bisa dimengerti bahwa musik bukan sekedar kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi membawa manfaat bagi diri kita semua pribadi. Sebagai pengguna teknologi, bagaimana cara menikmati musik? Tentu saja kamu bisa memanfaatkan radio online ataupun software audio player dari desktop kamu untuk kepuasan mendengarkan musik secara maksimal!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar